5 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

5 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

5 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan
5 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan.- Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan rempah-rempah dan sudah diketahui sejak dahulu kala. Bahkan karena alasan inilah banyak negara yang akhirnya ingin menguasai Indonesia dan menempuh jalan menjajah negara Indonesia. Anda juga patut bangga, karena Lengkuas bumbu masakan yang ada di dalam dapur Anda sebenarnya juga sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh

5 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

1. Kaya gizi
Lengkuas, meski memang sangat jarang, atau mungkin tidak pernah dimakan secara langsung, namun sangat kaya serat yang sangat baik untuk pencernaan. Lengkuas juga kaya kandungan zat besi, natrium, vitamin A, C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta sitosterol, quercetin, dan galangin.

2. Membantu meredakan mabuk laut, mabuk perjalanan dan morning sickness
Lengkuas memiliki aroma yang cukup kuat sehingga dapat meredakan mual yang Anda derita. Biasanya, ibu hamil sering merasakan morning sickness hingga tidak mau makan. Namun jika Anda menyeduh lengkuas dengan air hangat dan madu, bisa meredakan mual karena aromaterapinya.

Bahkan ketika Anda sedang mabuk perjalanan, baik laut maupun darat, Anda bisa menggunakan lengkuas untuk meredakan mabuk, karena lengkuas membantu dalam mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan di perut dan membantu keluarnya angin di dalam perut. Anda juga bisa mengobati diare dengan lengkuas karena sifatnya yang antibakteri dan anti-jamur.

3. Memperlancar peredaran darah
Membuat jus lengkuas mungkin terdengar absurd, tapi jangan remehkan manfaatnya. Anda bisa melancarkan peredaran darah dengan ini Ladies. Kolesterol juga akan berkurang dan Anda bisa menjaga tubuh lebih baik karena oksigen lebih banyak masuk ke tubuh.

Baca juga : cara menurunkan tekanan darah tinggi sampai sembuh

4. Mengobati luka bakar dan gatal kulit
Jika Anda memiliki masalah penyakit gatal kulit, maka lengkuas yang sudah dihancurkan dan dibubuhkan ke bagian yang gatal akan mempercepat penyembuhan dan menghentikan penyebaran ke bagian kulit lainnya.

Baca juga : cara ampuh atasi cacar air pada anak 3 tahun

Jus lengkuas dapat diterapkan secara topikal untuk pengobatan penyakit kulit karena terdiri dari 40 macam antioksidan yang berbeda sehingga dapat membantu melindungi kulit terhadap penuaan. Anda bahkan bisa menyembuhkan luka bakar di kulit menggunakan jus lengkuas. Terapkan 2-3 kali sehari dan akan mempercepat penyembuhan.

5. Memperkuat akar rambut dan menjaga kesehatan rambut
Jika Anda minum jus lengkuas, Anda juga sekaligus bisa menjaga kesehatan rambut dan akar rambut dari kerontokan. Ini karena peredaran darah yang lancar sehingga bisa mengalirkan nutrisi dan oksigen lebih baik ke kepala.

Baca juga : cara mengatasi sakit pingga sebelah kanan

Itulah 5 manfaat dari lengkuas yang bagus sekali untuk kesehatan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

5 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Previous
Next Post »